Distribusi adalah bisnis yang sangat kompetitif. Pengecer mencari distributor yang melampaui harapan mereka dan mendukung tujuan mereka. Sebagian besar pengecer akan fokus pada kemitraan dengan bisnis distribusi yang unggul sebagai metode untuk mencapai hal ini. Namun, karena distribusi sangat kompetitif, bisnis distribusi membutuhkan keunggulan yang memungkinkan mereka untuk berhasil bersaing baik dengan pendatang baru maupun bisnis distribusi yang sudah mapan; Perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah keunggulan itu.
Mengapa Bisnis Distribusi Membutuhkan Software ERP?
Manajemen yang efektif adalah landasan dari bisnis apa pun.
Namun, menurut data yang dirilis oleh studi KPMG, 63% eksekutif ritel mengharapkan peluang pertumbuhan mereka muncul dari rantai pasokan yang lebih baik. Ini berarti bahwa distributor perlu mengoptimalkan manajemen pasokan mereka untuk memenuhi harapan pengecer.
Perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan memungkinkan Anda melakukan ini dengan memungkinkan Anda mengelola proses bisnis dengan data waktu nyata. Anda dapat mengelola tingkat stok, melacak pemenuhan pesanan, dan mengurangi waktu tunggu pemenuhan melalui ERP Anda. Selain itu, sebagai bisnis distribusi, perangkat lunak ERP memungkinkan Anda memperbarui saluran dalam organisasi Anda, sehingga mengurangi pengeluaran yang sia-sia dan duplikasi proses.
Anda kemudian dapat memanfaatkan alur kerja yang ditingkatkan ini untuk memberikan layanan yang unggul dan terlacak cepat kepada pelanggan ritel Anda, tanpa berinvestasi pada personel tambahan atau membayar mahal untuk keahlian.
Distributor Sukses Menggunakan Sistem ERP
Tujuan perangkat lunak ERP tidak hanya untuk membuat bisnis Anda lebih efisien tetapi juga memungkinkan bisnis Anda menjadi lebih sukses.
Elemen kunci kesuksesan untuk bisnis apa pun – terutama dalam industri yang kompetitif – adalah mempertahankan pelanggan.
Untuk perusahaan B2B seperti distributor, yang menyediakan bisnis, bukan konsumen, cara untuk mempertahankan pelanggan sangat berbeda.
Menurut pakar think tank, sebagian besar bisnis B2B – seperti pengecer – akan memelihara hubungan dengan distributor dalam rantai pasokan mereka jika bisnis itu membantu mereka memperoleh hasil, dapat dipercaya, dan menggunakan teknologi yang relevan.
Sistem ERP membantu distributor mewujudkan semua hal di atas. Sistem ERP itu sendiri memastikan klien ritel Anda mempercayai proses Anda karena didukung oleh data waktu nyata. Selain itu, Anda dapat mendukung hasil klien ritel Anda dengan mempercepat pesanan, mengantisipasi permintaan, menawarkan diskon yang tidak ada duanya, dan mengotomatiskan banyak bagian transaksi.
Manfaat Software ERP
Software ERP memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat unik dari sistem ERP termasuk memiliki akses ke data relevan yang memengaruhi profitabilitas dan produktivitas Anda. Dengan menggunakan perangkat lunak distribusi, Anda dapat:
- Tingkatkan arus kas dengan memastikan keuangan Anda digunakan untuk mengisi kembali atau memperoleh stok yang tepat.
- Tingkatkan keuntungan Anda dengan mempercepat proses Anda sehingga Anda dapat melayani lebih banyak pelanggan tanpa membebani sumber daya Anda.
- Manfaatkan sumber daya yang ada sehingga Anda tidak perlu mempekerjakan lebih banyak karyawan untuk melakukan inventarisasi dan penyimpanan secara manual.
Namun, banyak dari manfaat ini mengharuskan Anda memilih sistem ERP yang tepat untuk bisnis distribusi Anda.
Beberapa fitur penting yang harus disertakan oleh perangkat lunak ERP Anda adalah:
Fleksibilitas: idealnya, perangkat lunak distribusi Anda harus kompatibel dengan setiap perangkat, termasuk perangkat seluler seperti tablet dan ponsel cerdas.
Pelacakan Terintegrasi: sistem ERP Anda harus menganalisis dan menilai semua gudang Anda untuk inventaris agar Anda dapat menentukan dan melaporkan jumlah stok Anda secara akurat.
Dukungan Multi-Mata Uang: untuk memastikan Anda melacak dan melaporkan semua transaksi Anda secara akurat, sistem ERP Anda harus memiliki fungsi multi-mata uang.
Mengapa Memilih Penyedia Software ERP Australia?
Di setiap wilayah di seluruh dunia, bisnis menghadapi tantangan regional. Banyak dari tantangan ini diperburuk selama setahun terakhir selama pandemi.
Ini menyoroti aspek mendasar dari pengelolaan distribusi gudang: kebutuhan akan perangkat lunak yang memenuhi kebutuhan lokal.
Ketika datang ke bisnis Australia Anda, tidak ada perangkat lunak ERP yang akan mendukung tujuannya lebih baik daripada perangkat lunak yang dikembangkan secara lokal.
Ini karena, sementara distributor Australia mendistribusikan ke pengecer lokal, mereka berada dalam posisi unik dalam mengelola hubungan dengan pemasok dari seluruh dunia.
Untuk membantu Anda menavigasi rantai pasokan internasional dan lokal ini, menggunakan perangkat lunak ERP Australia adalah yang terbaik. Anda tidak hanya memiliki akses ke teknisi lokal dan dukungan yang dapat membantu integrasi dan pertanyaan apa pun yang Anda miliki, tetapi perangkat lunak ini juga memastikan Anda melaporkan sesuai dengan peraturan setempat.
Mengapa Software ERP Antzman Terbaik?
Tim di Antzman telah menciptakan sistem ERP yang meningkatkan rantai pasokan semua distributor – terlepas dari ukurannya. Perangkat lunak berbasis cloud kami fleksibel dan sangat aman.
Distributor dapat mengintegrasikannya ke dalam sistem yang ada, memungkinkan mereka untuk meningkatkan bisnis mereka dan mempercepat tujuan mereka.
Selain itu, perangkat lunak kami menyederhanakan pelacakan inventaris, bahkan dalam situasi multi-gudang.
Kami telah menyederhanakan perangkat lunak ERP, sehingga Anda dapat menggunakan tenaga kerja yang ada untuk mengelola sistem. Ini, dalam kombinasi dengan sentrisitas pelanggan kelas dunia kami, adalah apa yang membuat tim di Antzman berbeda.
Hubungi tim kami, yang selalu bersedia membantu, untuk memahami bagaimana perangkat lunak ERP berbasis cloud kami dapat membantu bisnis distribusi Anda dan mempercepat tujuan Anda.