Peta Jalan Transformasi Digital untuk Distributor

Perubahan tidak bisa dihindari, tetapi dalam distribusi, itu juga perlu.

Perubahan mempromosikan persaingan dan meningkatkan hubungan klien, memungkinkan Anda untuk memperluas distribusi Anda.

Perubahan terbaru hadir dalam bentuk integrasi digital. Ketika setiap fase rantai pasokan Anda mendigitalkan, melacak, dan memantau prosesnya untuk mempercepat operasi, Anda juga perlu melakukannya.

Bertransformasi digital juga berarti Anda dapat terus beroperasi tanpa hambatan apa pun di ekosistem yang semakin digital.

Namun, bagaimana cara efektif menerapkan transformasi digital dalam distribusi?

Kami mengungkapkan lima langkah dalam peta jalan transformasi digital yang sukses di bawah ini.

Mengapa Anda Membutuhkan Peta Jalan Transformasi Digital?

Setelah memutuskan untuk mendigitalkan distribusi, pelacakan, dan pelaporan Anda, mengapa tidak melakukan perubahan saja? Jawaban singkatnya adalah biaya. Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu dan uang tanpa rencana daripada dengan rencana.

Tanpa perencanaan dan prosedur yang tepat untuk melaksanakan perubahan, beralih ke platform digital saja akan menyebabkan bisnis Anda mengalami kerugian pendapatan yang signifikan.

Selain itu, dengan transformasi skala besar, Anda perlu memastikan setiap departemen bekerja dalam sinkronisitas dan telah menyelaraskan tujuan mereka sehingga Anda tidak mengalami komplikasi yang berkelanjutan.

Lima Langkah Untuk Mengembangkan Peta Jalan Transformasi Digital

Persiapan sangat penting untuk transformasi digital yang sukses. Lima langkah ini menguraikan tindakan yang perlu Anda ambil sebelum Anda meluncurkan transformasi.

1. Menilai Kapasitas Digital

Transformasi digital dimulai dengan menilai poin A. Anda perlu memastikan seberapa maju – atau tidak kompeten – bakat Anda. Penilaian ini akan memberi Anda wawasan tentang di mana Anda perlu meningkatkan kapasitas digital Anda dan membantu Anda mengembangkan peta jalan yang akan berakhir dengan digitalisasi lengkap.

2. Identifikasi Kesenjangan

Meskipun Anda telah membuat langkah-langkah untuk meningkatkan kapasitas digital, mungkin masih ada celah mencolok yang menyebabkan transformasi digital komprehensif menjadi tantangan. Oleh karena itu, setelah Anda menentukan kapasitas digital Anda, tinjau kembali penilaian Anda untuk memastikan apa saja kesenjangan tersebut.

Kesenjangan ini dapat berupa tingkat keahlian departemen, infrastruktur yang tidak tepat, kurangnya dukungan TI yang tepat, atau arahan manajer senior untuk mengawasi transformasi.

3. Menjalin Hubungan Dengan TI agar Berfokus pada Pelanggan

Digitalisasi tidak berarti Anda harus kehilangan fokus pada pelanggan.

Mengingat pengalaman pelanggan adalah metrik penting untuk menentukan kesehatan bisnis Anda, membangun hubungan dan kepuasan pelanggan harus menjadi dasar transformasi digital Anda dan harus dimasukkan ke dalam strategi digital setiap departemen.

4. Berinvestasi dalam Sistem Inti yang Menambah Nilai

Mempertimbangkan biaya yang terkait dengan transformasi digital yang sukses, penting untuk fokus pada perolehan sistem yang memberikan hasil dengan cepat.

Sekarang proses seleksi dimulai.

Distributor membutuhkan solusi digital yang memungkinkan mereka menilai dan melacak metrik yang penting bagi bisnis mereka. Oleh karena itu, solusi yang ideal adalah perangkat lunak yang dirancang untuk kebutuhan distributor. Sistem inti harus memiliki fitur seperti otomatisasi, integrasi, dan keserbagunaan yang ada di dalamnya.

5. Lacak Kemenangan Cepat Anda

Setelah menerapkan sistem inti Anda, mulailah mengejar kemenangan cepat.

Kemenangan cepat memastikan setiap departemen dapat melihat bagaimana transformasi digital telah menguntungkan perusahaan, klien, dan karyawan.

Anda dapat memastikan apa kemenangan cepat Anda dengan melacak peningkatan yang dilakukan sejak menerapkan digitalisasi. Anda juga dapat menilai kemenangan cepat dengan mengembangkan KPI awal yang menghasilkan kemajuan jangka panjang yang berarti.

Anda tidak boleh menunda proses digitalisasi sebagai distributor. Setiap hari ketika Anda tidak menggunakan perangkat lunak distributor adalah hari dimana pesaing Anda mendapatkan keunggulan. Bahkan jika Anda tidak peduli dengan pesaing, memiliki peta jalan transformasi digital yang jelas juga berarti Anda memiliki wawasan tentang analitik yang dapat membantu Anda menghemat biaya dan memaksimalkan sumber daya.

Apa yang harus dilakukan selanjutnya:

Untuk membantu Anda beralih ke perangkat lunak distributor unggul, tim kami siap memberikan konsultasi dan panduan. Memungkinkan Anda untuk mulai menerapkan perangkat lunak ERP transformatif kami dalam bisnis Anda. Perangkat lunak ERP kami membantu distributor di seluruh dunia memenuhi tujuan mereka dan menyederhanakan proses mereka.